Sumba Itu Emang Eksotis

Jpeg
Sumba!!!
welcome sumba
Welcome to Sumba Island!
view
Beautiful view-nya…

November akhir sampai Awal Desember, Aku dan @dokterjalanjalan traveling ke Pulau Sumba. Tujuan utama adalah ketemu teman-teman mas @dokterjalanjalan yang sudah duluan liburan ke Pulau Sumba. Malam hari sebelum traveling dimulai, kita beli tiket online dulu. Pesawat yang ke Sumba, Waingapu hanya ada 1x dalam sehari, jadi kita menyesuaikan flight waktu itu. Kita harus transit dulu dari Bali ke Waingapu, jadi kita tidur di Bali semalam kemudian paginya kita berangkat ke Waingapu sekitar jam 10.15 Pagi waktu Indonesia Timur.

Kita sudah menginap di hotel dekat Bandara biar lebih deket dan gak harus bangun pagi-pagi betul. Hihihi… Waktu itu kita dari Jogja sampai di Bali sekitar jam 10 malam, kita langsung mandi terus bobok manis dan semangat menunggu pagi ke Waingapu. Jam 8 pagi kita bangun, kemudian gak mandi donk… kan malemnya udah mandi… hahaha… kita sarapan di hotel kemudian kembali ke kamar buat siap-siap alias packing. Terus jam 9.15 kita berangkat ke Bandara, pikirnya karena hotel Bandara deket kita berangkat jam segitu santai. Tapi sebenarnya aku ENGGAK santai! Jadi kita harus nunggu mobil yang nganter dari Bandara dulu agak lama, terus kita ke Bandara bareng sama dua turis. Untung mobilnya muat karena mas @dokterjalanjalan bawa papan surfing. Sampai di Bandara sudah jam 9.30 dan itu kita mau check-in harus tunggu bapak-bapak yang barangnya seabrek bukan maen. Mungkin beliin oleh-oleh buat tetangga-tetangganya. Akhirnya giliran kita, pas giliran kita mbaknya bilang udah gak bisa karena sistem check-in sudah tutup. Mereka bilang kita harus check-in 45 menit sebelum check-in. Mas @dokterjalanjalan gak trima karena Dia mikirnya 30 menit masih boleh kayak flight yang lain. Yaaaahhhh… hilang dan gak ada gantinya, mas @dokterjalanjalan bilang berulang-ulang kalau Dia gak suka maskapai ini.

Terus akhirnya kita duduk sebentar dan mikir harus apa, cari flight, atau nginep di Bali lagi semalam. Ada flight pakai Garuda tapi 2 juta, masya’Allah… sekali jalan doank… buat 2 orang 4 juta, ogahlah… Kita langsung beli lagi flight yang untuk besok pagi dengan pesawat yang sama. Hahaha… ya iyalaaaah gak da pesawat lain selain itu. Sempet nggodain mas @dokterjalanjalan, “katanya gak mau naik pesawat itu lagi?” dia jawab,”karena terpaksa”. Dan kebetulan waktu di Bali aku udah kontak2an sama temenku yang stay di Bali, Dia dari Austria dan cinta banget Bali, so malemnya buat janji ketemu sama Dia. Aku gak sedih-sedih amat flight nya missing tapi mas @dokterjalanjalan kecewa karena liburnya di Sumba berkurang. Kita buat acara di Bali, Kita ke kantor yang urus bisnisnya mas @dokterjalanjalan terus kita jalan-jalan keliling villa buat stay tapi gak ketemu yang cocok. Terus mas @dokterjalanjalan bilang buat stay di salah satu hotel yang ada di Jimbaran. Dia sering stay dihotel itu kalau harus transit di Bali katanya. Baiklah… dan kita stay disana buat semalam, tidur siang, jalan-jalan di pantai dan dinner berdua di Jimbaran, of course gak yang banyak orang. Kita paling gak suka keramaian jadi kita pilih tempat makan yang agak jauh dari pusat keramaian itu.

Setelah selesai dinner, kita otw ke tempat janjian aku sama temenku. Dia pilih tempat yang sering dipakai Dia buat nongkrong. Dia seneng banget sama cafe itu, ternyata Dia banyak ditaksir sama cowok-cowok yang disana. Ada dua teman Dia cewek dan cowok dari Germany, mereka kerja di perusahaan pesawat terbang. Mereka lagi liburan dan sekolah di Bali. Disana juga ada Ibu temenku dari Austria tapi tidak terlalu lancar Bahasa Inggrisnya. Jadi, temenku harus translate kalau ngobrol. Huwahahaha… Kita jadi teman baik, karena kenal dari teman yang belum pernah aku ketemu sama aku sebelumnya. Tapi Dia rekomendasiin aku ke temennya orang Austria yang jadi teman baik sekarang. Dia tinggal 1 minggu ditempatku, tapi baru 3 hari aku harus pergi karena mas @dokterjalanjalan ngajakin ke Bali. Jadi, Dia ku tinggal bersama teman-teman yang lain dikos. Waktu mau pamitan, kita foto dulu dan Dia senang sekali ketemu aku lagi dan janji ketemu lagi mungkin di Austria. Dia ngangkat aku lagi… hahaha… Senang sekali ketemu lagi…

Jpeg
Dinner di Jimbaran
Jpeg
Sunset from the hotel

Aku dan mas @dokterjalanjalan kembali ke hotel, mandi, dan siap tidur biar gak terlambat ke Bandara sebenarnya hotel Bandara juga cuma 15 menit dan kita naik motor sewaan didekat Bandara. Paginya kita sukses buat check-in… yeaaaaayyyy…!!!!!

Terus kita terbang ke Waingapu, disana gersang karena musim panas yang gak da hujan sama sekali. Waow terus temen-temen mas @dokterjalanjalan di Sumba Tengah dan kita harus menyusul kesana. Naik mobil taxi 4 jam ke sana sempet mampir beli makan siang dan nomor lokal dijalan. Kita lanjut perjalanan dan ya ampuuuuuunnnn… aku gak tahan dan akhirnya muntah deh… Jalannya berkelok-kelok meeeeeennn dan itu sopirnya minta ampuuuuun kalau ngereeeem bikin makin mual. Kita makan siang sebentar didekat mata air dan mas @dokterjalanjalan kasih obat mual buat aku. Aku Cuma tiduran aja di perjalanan. Akhirnya setelah 4 jam, kita sampai juga ditempat temen-teman mas @dokterjalanjalan camping. Mereka hebat sekali, mereka sudah satu bulan bawa mobil caravan buat keliling Lombok, Sumba, dan Sumbawa. Beberapa dari mereka sempet naik gunung Rinjani juga lhooooo… Luarrrr biasaaaa…

Kita camping, surfing, boogie boarding, snorkeling, fishing, bakar ikan, main games, dsb. Senang sekali bisa menikmati kebersamaan di alam yang bener-bener cuma kita aja disana. Kita dua hari aja disana, karena temen-temen mas @dokterjalanjalan mau lanjut perjalanan lagi. Niatnya, mas @dokterjalanjalan mau kita stay dulu karena Dia pengen banget surfing terus waktu pamitan, temen-temen mas @dokterjalanjalan rekomendasiin salah satu penginapan yang ada bungalow dan pantai pribadinya di daerah Sumba Barat. Kita pergi ke Sumba Barat naik motor temennya mas @dokterjalanjalan. Mereka bawa motor yang ditaruh dibelakang mobil. Awesome pokoknya preparationnya!!!!!!!

adventure
Ready to explore Sumba!
bensin
Bensin dulu…
Jpeg
Jernih airnya…
cafe
Salah satu restoran di dekat pelabuhan Waikelo
bungalow
Bungalow
Happiness
Yayyyy!!!! Akhirnya sampai!!!
beauty
Blue…
hammock
Santai di hammock
teaching
Belajar Spearfishing
lesson 1
Praktek…
fish
Snorkeling
Pantai Perlo
Pantai Perlo
rumah sumba
Rumah tradisional Sumba
kepanasan
Ada yang kepanasan
ocean
Ocean…

Catatan Pengeluaran:

Pesawat Garuda Jogja – Denpasar : Rp. 758.000 / orang

Penginapan di Hotel Jimbaran : Rp. 250.000 / malam

Pesawat Wings Air (Missed) : Rp. 422.000 / orang

Pesawat Wings Air : Rp. 455.000/ orang

Makan malam di Jimbaran : Rp. 165.000 / 2 orang

Taxi Bandara Waingapu ke tempat camping : Rp. 300.000 / 2 orang

Penginapan di Sumba Barat Daya : Rp. 500.000 x 3 malam

Sewa motor : Rp. 75.000

Pesawat Garuda Pulang ke Denpasar : Rp. 820.000 / orang

Advertisements

7 Comments

Add yours →

  1. Thank you for sharing your experiences and photos of all these wonderful,and places This planet is so beautiful. I think we take it for granted, especially with the destructive things we do to it. These places you have been are like paradise.

    Like

  2. Hi mbak, motor sewaan dekat bandara ada pangkalannya gitu ya?

    Like

  3. Numpang nanya kak? Punya kontak rentalan motor di sumba barat atau sumba timur gak? Terimakasih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: