Si Gajah Lampung di Elephant Safari Park Lodge, Bali

Jpeg

Bali punya banyak tempat yang menarik dan setiap sudut Bali menyimpan keindahan yang luar biasa untuk obat mata dan hati yang lelah. Sudah sering ke Bali tetapi tidak banyak berkunjung ke daerah ubud. Jika dihitung, hanya tiga kali saja berkunjung ke Ubud dan diliburan ke Ubud yang ke tiga, menyempatkan diri untuk mengeksplor Ubud.

Menginap di Sunrise Villa yang atmosfer nya luar biasa menyejukkan mata dengan lokasi yang dekat dengan Monkey Forest, Ubud Palace, Bukit Campuhan, dan Pasar Tradisional Ubud. Liburan jadi tambah semangat karena ada waktu untuk mengunjungi si Gajah binatang kesayangan. Gajah-gajah ini dapat ditemui di Elephant Safari Park Lodge, Gianyar, Bali.

Tiket masuk pada waktu itu per orangnya adalah sekitar Rp. 200.000,- dan sudah semangat sekali rencana naik gajah kemudian tiket naik gajah seharga Rp. 800.000,-.Gak mampulah saya buk pada saat itu… Gak heran kalau harganya segitu, karena kebanyakan yang datang adalah turis. Apalah artinya saya disana yang mungkin satu-satunya orang Indonesia sebagai pengunjung pada waktu itu.

Mungkin orang juga mengira saya adalah turis dari Thailand, Filipina, atau Malaysia. Niat untuk naik gajahpun diurungkan dan lebih baik menunggu jadwal pertunjukkan gajah dengan menyapa dan memberi makan gajah dipinggiran pagar. Saya tidak akan melewatkan kesempatan ini. Sebagai penggemar gajah, saya harus kasih makan gajah dan meluk serta ngelus-ngelus gajah.

Makhlum, belum ada kesempatan untuk ke Sekolah Gajah di Lampung dan di Thailand jadi ketemu Gajah di kota lainpun heboh. Senangnya memberi makan gajah yang anteng dan cepat sekali kalau makan. Sambil memberi makan, sekalian ngobrol sama gajah donk… Si Gajah berasal dari Lampung… Tuh kan… gak harus ditempat aslinya, Gajah Lampung ada dimana-mana di Indonesia. Gajah aja traveling masak kamu enggak?

Hasil dari ngobrol-ngobrol, si Gajah berasal dari Lampung dan sudah disekolahkan di Sekolah Gajah Lampung. Gajah-gajah ini ada yang jomblo dan ada yang punya keluarga. Semua gajah punya nama tapi sayang aku hanya ingat si Fahri yang aku ajak ngobrol ini nama emaknya siapa aja lupa. Dengan catatan kalau gak salah lhooo ya… Udah dua tahun soalnya, makhlum catatannya ilang yang ada cuma foto-fotonya. hihihi

Jpeg

Kadang kasihan kalau lihat Gajah gak di alam bebas atau di tempat yang seperti habitatnya. Ada hutan, sungai, dan savana buat mereka lari-larian, jogging, susur sungai, sama jumping. Ini Gajah bisa outbond kali ya? Tapi pada intinya saya orang yang paling gak tega lihat gajah gak hidup bebas. Kita aja pengennya hidup bebas dan gak terikat orang lain, apalagi gajah yang memang hidupnya dialam?

Dilema juga karena orang-orang juga mau mengenal gajah lebih dekat seperti saya tapi gak tega kalau dia gajah harus hidup di tempat yang jauh dari habitatnya. Untungnya, ada kolam buatan dan hutan-hutan buatan di Elephant Safari Park Lodge ini. Tapi ada yang bikin kasihan lagi guys… Gajah-gajah itu harus memanggul kursi untuk penumpang yang bikin saya mikir, keberatan gak ya? Kasihan lhooo… Tapi kalau ingat film-film perang yang pakai gajah sebagai tugangannya dan gajah bisa lari-lari saya percaya gajah kuat dan ikhlas.

Jpeg

Dimanapun itu kita harus selalu sayang binatang ya guys… Jangan nyakitin binatang dan semena-mena serta memanfaatkannya hanya untuk kepentingan kita belaka. Kalau mau kerjasama boleh. Aku anggap Gajah-gajah di taman ini sedang kerjasama sama manusia meskipun gak tau gajinya Gajah berapa disana. Tapi, aku percaya mereka menyayangi Gajah-gajah yang baik ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: