Labuhan Bajo, Flores (Day 3-4)

Hari ke-3 kami memutuskan untuk berlayar… ceilah berlayar… iya kita jalan-jalan naik kapal dan nginep dikapal. Kami sewa kapal untuk jalan-jalan keliling Pulau-pulau cantik yang ada di Labuhan Bajo.

Awalnya kami mengalami halangan untuk menyewa kapal ini.

dscf5095

Jadi, hari pertama kami sampai malamnya mencari kapal di pelabuhan dimana banyak banget kapal nongkrong disana. Mas dokterjalanjalan berhasil dapat kapal dengan harga sewa Rp. 4.000.000,- untuk dua hari 1 malam dan 4-5 pulau tujuan. Namun sepulang kita dari berkunjung ke Air Terjun, kita dapat pesan dari kapten kapal yang bilang isinya minta maaf karena tidak bisa mengantar perjalanan kami.

Waaaahhh mas dokterjalanjalan langsung mikir kalau kami ditipu, aku tetap sok tenang gitu meskipun sebenarnya bingung. Lalu, aku bertanya ke kapten, “Ada apakah dan apakah bisa uang kami kembali besok pagi?”

Kapten bilang kapalnya rusak dan sedang di Pulau Padar, uangnya takut belum bisa kembali besok pagi katanya sore. Mas dokterjalanjalan bilang tidak bisa karena besok pagi kami sudah harus pergi. Lalu mas dokterjalanjalan pergi ke pelabuhan untuk bertanya apakah benar kapal yang kami pesan rusak? Orang-orang di pelabuhan menjawab benar dan mereka sedang dijemput. Syukurlah kami tidak ditipu dan kami juga mendapat kapal baru.

Awalnya mereka bertanya, “Dapat harga sewa berapa bapak?”. Kami dapat harga empat juta untuk dua hari satu malam dan 4-5 tujuan lengkap dengan makan. Mereka bilang, “mahal ya? Kami mau antar dengan harga Rp. 3000.000,- sudah termasuk semua kecuali tiket masuk ke pulau komodo. Kamipun mendapat kapal dan pagi hari sewaktu mau berangkat, kapten kapal sebelumnya juga sudah tiba dipelabuhan dan mengembalikan uang kami.

dscf5101

dscf5111dscf5098

Senangnya, kami bangun jam 7 pagi dengan hati riang karena mau sailing gitu guys… Masdokterjalanjalan sudah siap dengan buku tebalnya dan saya sibuk foto-foto sambil menikmati pemandangan. Luar biasa pemandangannya bikin gak ngantuk tapi tetep tidur juga.

dscf5145

Tujuan pertama kami adalah Pulau Rinca, Komodo yang banyak banget ketemu sama komodonya. Bahkan ada komodo yang lagi in the hoy guys… Kami tracking untuk 1 jam dengan rombongan keluarga Indonesia yang tinggal di Amerika. Gilingan! Mereka berasa turis yang lagi jalan-jalan diluar negeri bukan negara mereka sendiri.

dscf5128

Kami tracking sambil dijelaskan tentang kehidupan dan cerita serta kisah cinta para komodo oleh guide nya. Btw, guide-guide disini harus bawa tongkat biar kalau diserang bisa bersiap pakai tongkat yang mereka bawa. Pemandangan dari atas bukit di Rinca ini bagus guys…sayangnya panas banget jadi difoto keliatannya biasa aja.

dscf5232

Kalau berkunjung ke pulau komodo hati-hati ya guys… Misalnya sedang mens atau ada darah ditubuh kalian. Soalnya komodo ini suka bau amis dan langsung bisa nyerang dengan cepat. Bahkan yang diserang bisa langsung mati. Waaaahhh… gak lucu niatnya traveling liat komodo malah dibunuh komodo. Apa kabar???

Biaya masuk ke Pulau Komodo ini untuk domestik kurang dari Rp. 100.000 tetapi kalau turis asing berapa bayarnya lupa guys…

sebelum melanjutkan perjalanan, kami makan siang dulu diatas kapal. Awak kapalnya masih anak-anak usia 20 tahunan dan mereka baik-baik. Mereka yang masakin untuk kita semua. Nama mereka adalah Shahri (Kapten kapal), Pace, Ian, Acong. Mereka menambah tujuan perjalanan kami dan musik-musik yang mereka pilih asik-asik.

dscf5160

Selanjutnya kami menuju Pulau Padar dan disini mulailah aku pusing. Saat naik ke Padar, matahari sedang diatas kepala guys… saat diatas bukit kami enjoy dan aku masih bisa foto-foto tetapi waktu turun badanku langsung lemes dan pusing. Awak-awak kapal sudah turun duluan dan mandi dipantai. mas dokterjalanjalan juga mau ikut tetapi dia menggendong aku dulu ke kapal. So sweet kan… Ayo yang jomblo gak usah mupeng…

dscf5181

Setelah selesai berenang, kami menuju ke Pink Beach dan para awak kapal menggoreng pisang untuk kami. Selesai snorkeling makan pisang goreng dan minum teh panas. Ajiiiiiibbbb… Lalu kami bersandar di dekat pulau kelelawar dan menikmati sunset yang cantiknya aduhaiii… kami tidur di deck kapal dan menikmati bintang-bintang dan laut yang menyala karena plankton dan ganggang laut. Keren bangeeeeeettt…

dscf5211

Ouuh waktu bersandar kami juga dikunjungi sama penjual beer dan souvenir. Ya ampuuuunnn luar biasa niatnya… Mas dokterjalanjalan beli beer dan memilih mengganti koin Australia yang pedagang souvenir punya karena tidak ingin beli souvenir. kami minum beer dengan para awak kapal dan lanjut makan malam yang luar biasa banyaknya.

Day 4

dscf5219

Paginya kami disambut sama sunrise yang gak kalah keren sama sunset. Akupun bangun membuka tirai dan mengambil foto. Mas dokterjalanjalan ikut bangun karena cahaya matahari yang menyapa. Para awak kapalpun sudah bersiap menanyai kami mau minum apa. Kami turun dan membuat teh panas lalu mandi. Tujuan berikutnya adalah Pulau Komodo Besar.

dscf5241dscf5259

Dipulau komodo ini katanya ada komodo raksasa tetapi saat kami tracking tidak keluar. Kami hanya melihat satu komodo didekat pantai dan satu komodo anak. Aku puas banget sama pemandangan yang aku dapat diatas bukit. Rasanya seperti bukan di Indonesia tetapi itu benar Indonesia. Kami juga berfoto-foto seru dijeti Pulau Komodo.

Kami lanjut perjalanan ke Manta point karena mas dokterjalanjalan pengen banget berenang keren dengan para manta. Diperjalanan meninggalkan pulau Komodo, kami disapa ikan lumba-lumba yang berenang dan melompat bersama laju kapal. Waaaahhh… hatiku langsung meleleh melihatnya. Kalau kayak gini gak perlu rayuan gombal cowok, udah meleleh hatiku lihat Lumba-lumba berenang dialam bebas. #savedolphin

Kamipun sampai dimanta point dan mas dokterjalanjalan langsung lompat dan senang sekali berenang bersama pace dan kawan-kawan. Namun hanya sebentar saja manta muncul lalu pergi. Kami lanjut lagi ke pulau Kanawa sebagai bonus dari para awak kapal. Ya ampuuuuun mereka memang luar biasa baiknya.

berenang-di-pantaibintang-lautdscf5372dscf5393

Saat sampai di Pulau kanawa, satu kata! “Keren…”

kami snorkeling dan disana banyak banget bintang lautnya. Akupun langsung berpura-pura jadi putri bintang laut. Pace juga ikut berenang dan kami bersenang-senang sampai puas. Setelah itu kami pulang ke Labuhan Bajo dengan hati yang sangat bahagia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: